Header Ads

Breaking News
recent

Review Adobe Digital Editions



Pada zaman teknologi yang semakin berkembang ini sudah banyak sekali software pembaca file yang beredar di internet yang dapat kita unduh secara gratis maupun berbayar. Namun pada setiap software memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi itu semua tergantung pada kebutuhan kita, apakah kita menginginkan software dengan fitur lengkap ataupun hanya sekedar untuk membaca file, menulis, mengedit maupun menyimpan.

Adobe Digital Editions adalah versi yang lebih elegan dan rapi dibandingkan dengan Adobe Reader. Software ini juga dapat membaca file berformat EPUB dan PDF sekaligus. Pada pertama kali mencoba software ini hanya bisa membaca file berformat .acsm tidak bisa membaca file berformat pdf maupun yang lainnya. Namun ketika saya menggunakannya lagi software ini bisa membaca file berformat .epub dan .pdf

PAGE FRONT

 adobe digital editions front page
Front page software ini menampilkan dua tampilan, yaitu Library dan Reading. Tampilan di atas adalah tampilan dari Library. Bagian ini menunjukkan daftar ebooks yang telah kalian download dan tambahkan ke dalam software dengan thumbnails cover ebooks.

Pada bagian kiri menunjukkan klasifikasi buku berdasarkan “All Items”, “Not Read, “Borrowed, “Purchased”, “Recently Read”, ”Recently Added” Mungkin kalian bertanya “Mengapa ada klasifikasi seperti itu?” atau “Kok seperti Goodreads ya?” jawabannya adalah Karena setahu saya software ini awalnya untuk membaca file berformat .acsm yaitu ebook yang di download dari NetGalley.

 adobe digital editions bookshelves 

Tampilan di atas adalah tampilan dari ebook yang di download dari netgalley. Di situ ada tulisan Expired karena ebook yang saya download itu sudah kedaluwarsa alias melebihi batas waktu membaca yang ditetapkan oleh Netgalley.

READING SECTION

adobe digital editions reading section

Untuk membaca ebook, kita bisa klik kanan pada bagian cover lalu klik Read.

 

Reading section ini tampilannya super clean dan minimalis. Cocok buat kita yang sebel kalau tampilan yang menumpuk membuat kita terdistraksi dan membuat konsentrasi buyar. Kita bisa lebih focus membaca dan memahami informasi yang terdapat di dalam buku.

TABLE OF CONTENTS

 
Table of Contents berisi daftar isi dari ebook. Kita bisa mengklik daftar isi yang kita inginkan untuk membaca file.

BOOKMARK dan HIGHLIGHT

 adobe bookmark highlight

Walaupun minimalis tetapi software ini juga menyediakan fitur Bookmark dan Highlight yang lebih baik dibandingkan dengan software lainnya. Salah satu kelebihannya yaitu menampilkan daftar Bookmark dan Highlight beserta halaman, tanggal, dan caption. Sehingga kita lenih mudah mencari halaman yang akan kita buka. Highlight untuk warna kuning dan Bookmark untuk tanda pembatas warna merah seperti di atas. 

Kelebihan dari software ini adalah yang sudah disebutkan di atas, walaupun begitu software ini masih memiliki banyak kekurangan, yaitu:
Ø  Tidak bisa convert file ke format lain seperti Calibre
Ø  Hanya bisa membaca file berformat .acsm, .pdf, .epub

Sekian review dari saya, mohon maaf kalau terdapat kesalahan dan kekurangan dari review saya. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.